Senin, 05 Juli 2010

AKTIFITAS EKTRAK TEMU IRENG SEBAGAI PENAMBAH NAFSU MAKAN PADA TIKUS

(sweety_girl)

EFEKTIFITAS EKSTRAK TEMU IRENG (Curcuma aerogenoceae.Roxb) SEBAGAI PENAMBAH NAFSU MAKAN TIKUS PUTIH


KARYA TULIS ILMIAH


OLEH:
NI’AMAH
NIM 07.042


Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang
MARET 2010
EFEKTIFITAS EKSTRAK TEMU IRENG (Curcuma aerogenoceae.Roxb) SEBAGAI PENAMBAH NAFSU MAKAN TIKUS PUTIH


PROPOSAL
Diajukan kepada
Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang
untuk memenuhi salah satu persyaratan
dalam menyelesaikan program DIII
bidang Farmasi


OLEH:
NI’AMAH
NIM 07.042

Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang
MARET 2010

LEMBAR PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a : HAMINUDIN, S.Si.,Apt

Selaku pembimbing Karya Tulis Ilmiah (KTI) Mahasiswa AKFAR ”Putra Indonesia Malang”, dengan ini menyatakan telah mengetahui dan menyetujui proposal KTI dari mahasiswa :

N a m a : NI’AMAH
N i m : 07.042
Judul KTI : EFEKTIFITAS EKSTRAK TEMU IRENG (Curcuma aerogenoceae.Roxb) SEBAGAI PENAMBAH NAFSU MAKAN TIKUS PUTIH


Malang, 20 Maret 2010
Dosen Pembimbing



HAMINUDIN, S.Si.,Apt




DAFTAR ISI
DAFTAR ISI i
DAFTAR TABEL ii
DAFTAR LAMPIRAN iii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 4
1.3 Tujuan Penelitian 4
1.4 Asumsi Penelitian 5
1.5 Kegunaan Penelitian……………………………………………. 5
1.6 Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian 5
1.7 Definisi Istilah 6
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Tinjauan Tentang Gizi 7
2.2 Tinjauan Pertumbuhan Anak 9
2.3 Obat Penambah Nafsu Makan 11
2.4 Tinjauan Tentang Temu Ireng 13
2.5 Ekstraksi 18
2.6 Hewan Uji ` 20
2.7 Kerangka Teori 22
BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian 25
3.2 Populasi dan Sampel 25
3.3 Lokasi dan Waktu Penelitian 26
3.4 Instrumen Penelitian dan Bahan 26
3.5 Definisi Operasional Variabel 27
3.6 Tahap Penelitian 28
3.7 Analisis data 33
DAFTAR PUSTAKA 37
LAMPIRAN 39







DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Karakteristik Mencit 21
Tabel 3.1 Definisi Operasional 25
Tabel 3.2 Randemisasi 26
Tabel 3.3 Denah Layout 27
Tabel 3.4 Perhitungan Dosis 28
Tabel 3.5 Pembuatan Bahan 28
Tabel 3.6 Hasil Pengamatan 31
Tabel 3.7 Rancangan Penelitian 31
Tabel 3.8 ANAVA 31








DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Temu Ireng
Lampiran 2 Perhitungan Bahan
Lampiran 3 Nilai Persen Distribusi F (0,001)
Lampiran 4 Nilai Persen Distribusi F (0,005)
Lampiran 5 Angka Ramdom
Lampiran 6 Tabel q










BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sering kali orang tua merasa kesulitan untuk membuat buah hatinya lahap dalam makan. Padahal dalam masa pertumbuhan, anak-anak butuh nutrisi sumber energi (semisal karbohidrat dan lemak) yang cukup agar lancar melakukan banyak aktivitas. Selain itu, mereka juga butuh vitamin, mineral, dan serat untuk menjaga kesehatan. (http:// WordPress.com weblog, diakses 14 desember 2009).
Pada anak-anak usia prasekolah, persoalan sulit makan dapat menjadi persoalan yang serius karena pada usia ini anak membutuhkan lebih banyak energi dan gizi untuk pertumbuhannya. Menurut Foster dan Anderson, masalah kekurangan gizi yang berawal dari kurang nafsu makan terutama pada anak-anak setelah disapih menyebabkan anak kekurangan protein-kalori yang dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen (Foster GM, Anderson BG. Antropologi Kesehatan, terjemahan, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1986).
Banyak upaya yang telah dilakukan para orang tua untuk membantu meningkatkan nafsu makan putra putrinya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan obat sintetik penambah nafsu makan. Mereka cenderung memilih obat kimiawi karena menurut mereka hasilnya dapat diperoleh secara instant. Biasanya mereka menggunakan scott emultion, Caviplex 60 ml, Curcuma, Curcuma Plus DHA, Curvit Emulsion dan syrup, Hufalysin, Madu Curcuma 150ml, Vidoran Emulsion, Dexamethazone, vitamin B dan sebagainya. Bahkan tak jarang sebagian dari orang tua menggunakan efek samping suatu obat untuk menambah berat badan sang buah hati. Misalnya golongan obat anti histamin (cipro heptadin) untuk menggemukkan badan dengan jalan meningkatkan nafsu makan.
Ramuan tradisional menjadi alternatif kedua yang biasanya digunakan masyarakat. Mereka cenderung memilih ramuan tradisional karena berbagai alasan. Yang pertama karena harganya relatif lebih murah dibanding obat-obat modern sehingga terjangkau oleh masyarakat luas. Selain itu, bahan-bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar tempat tinggal. Dalam proses pembuatan dan peralatan yang digunakan lebih sederhana. Dan yang terpenting adalah efek samping lebih kecil karena obat – obat trdisional tidak menggunakan bahan kimia.
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan adalah Curcuma aerogenoceae. Selama ini, telah banyak penelitian-penelitian yang dilakukan baik oleh ilmuwan Indonesia maupun ilmuawan asing untuk membuktikan khasiat temu ireng antara lain untuk menambah nafsu makan, menyuburkan kandungan, cacingan, ambeien, nyeri haid, membersihkan darah setelah melahirkan, batuk, meningkatkan stamina, air kemih mengandung darah, menetralkan racun dalam tubuh, penyakit kulit misalnya koreng, kudis, borok, asma, sariawan dan lain-lain. (http://Suara Karya Online, diakses 06 januari 2010 ). Rimpang dengan rasanya yang pahit, tajam, dan sifatnya dingin ini Berkhasiat sebagai penambah nafsu makan karena dalam temu iteng banyak mengandung curcumin yang menyebabkan relaksasi usus pada saluran pencernaan dan membantu pencernaan makanan serta absorbsi bahan makanan dengan cara meningkatkan kerja lambung sehingga perut terasa kosong dan selanjutnya akan mengirim sinyal ke otak dan pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi atau menimbulkan rasa lapar bagi pengkonsumsi dan menambah bobot badan. (Handayani L, Maryani H. Mengatasi Penyakit Anak dengan Ramuan Tradisional. Jakarta: Agro Media Pustaka,2002.)
Berdasarkan penelitian yang telah ada menunjukkan bahwa infus dengan konsentrasi 5%, 15%, dan 25% dari rimpang Curcuma aeruginosa Roxb. dapat meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi secara bermakna bila dibandingkan dengan kontrol. Dan infus rimpang Curcuma Aeruginosa Roxb. dapat meningkatkan berat badan secara bermakna hanya pada konsentrasi 5%. Namun perlu disayangkan, kelarutan bahan aktif dengan menggunakan infus kurang efektif karena bahan aktif hanya dapat larut dalam air. Oleh karena itu, peneliti mencoba membuat dalam sediaan ekstrak dengan harapan dapat meningkatkan kelarutan bahan aktif dalam cairan penyari. Selain itu, hingga saat ini belum ada penelitian tentang usaha-usaha menstandarisasi dosis untuk penggunaan dalam bentuk ekstrak temu ireng sebagai penambah nafsu makan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka untuk meningkatkan potensi penggunaan bahan alam, peneliti mencoba membuat berbagai variasi dosis ekstrak dari temu ireng untuk meningkatkan nafsu makan.



1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitihan ini adalah potensi peningkatan nafsu makan ekstrak temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) pada konsentrasi dosis 2.5%, 5%, dan 10% pada tikus putih.
Adapun pertanyaan dalam penelitihan ini adalah sebagai berikut:
1.2.1 Bagaimanakah pengaruh dari berbagai variasi dosis ekstrak temu ireng terhadap peningkatan nafsu makan?
1.2.2 Pada dosis berapa ekstrak temu ireng dapat berpotensi sebagai penambah nafsu makan?
1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan umum
Untuk mengetahui dosis efektif ekstrak temu ireng terhadap peningkatan nafsu makan pada tikus putih.
Tujuan khusus
Untuk mengetahui khasiat ekstrak temu ireng sebagai penambah nafsu makan dengan berbagai konsentrasi dosis 2,5%, 5%, dan 10%.
Untuk mengetahui konsentrasi dosis efektif ekstrak temu ireng sebagai penambah nafsu makan.

Asumsi Penelitian
Tikus putih dapat digunakan sebagai objek penelitian untuk tercapainya tujuan dari penelitian.

Kegunaan Penelitian
Eksploitasi potensi kekayaan sumber alam Indonesia, melalui peningkatan nilai ekonomis tanaman temu ireng.
Sebagai salah satu referensi untuk penelitian selanjutnya mengenai efektifitas temu ireng sebagai penambah nafsu makan.
Diketahui dosis efektif ekstrak temu ireng sebagai penambah nafsu makan, yang dapat digunakan sebagai acuan oleh masyarakat.


Ruang Lingkup Dan Keterbatasan Masalah
Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah penggunaan ekstrak temu ireng dengan kombinasi beberapa 2,5%, 5%, dan 10% terhadap peningkatan nafsu makan tikus putih.

Definisi Istilah
Definisi istilah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Curcuma aerogenoceae adalah tanaman rimpang yang dikenal dengan nama temu ireng.
Kurkumin adalah zat aktif yang mempunyai aktivitas biologis berspektrum luas sebagai antioksidan serta mempunyai efek sebagai hipolipidemik.
Nafsu makan adalah keadaan yang mendorong seseorang untuk memuaskan keinginannya dalam hal makan.
1.7.4 Efektifitas adalah dosis yang memiliki efektifitas sama atau hampir sama dengan kontrol positif.
1.7.5 Dosis adalah sejumlah obat yang dapat memberikan efek terapeutik pada penderita untuk satu kali pemberian.
1.7.6 Peningkatan nafsu makan : meningkatnya jumlah makanan yang dihabiskan dan makanan yang paling cepat dihabiskan serta dengan bertambahnya bobot badan tikus putih.



















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Tinjauan Tentang Gizi
Gizi merupakan unsur yang sangat penting di dalam tubuh. Dengan gizi yang baik, tubuh akan segar dan kita dapat melakukan aktivitas dengan baik. Gizi harus dipenuhi sejak masih anak-anak, karena gizi selain penting untuk pertumbuhan badan, juga penting untuk perkembangan otak. Selama ini pertumbuhan anak selalu menjadi perhatian para orangtua namun, terkadang asupan nutrisi justru tak tepat sasaran. Padahal nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Untuk itu, orang tua harus mengerti dengan baik kebutuhan gizi si anak agar anak tidak mengalami kurang gizi. Selain itu, orang tua juga harus mengetahui apa dan bagaimana kurang gizi itu. (http://www.astaga.com/content/gizi-seimbang-untuk-tumbuh-kembang-anak, diakses pada tanggal 13 maret 2010)
Menurut Dr. Sri Kurniati M.S., Dokter Ahli Gizi Medik Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan Kita, kurang gizi pada anak terbagi menjadi tiga. Pertama, disebut sebagai Kurang Energi Protein Ringan. Pada tahap ini, Sri menjelaskan bahwa belum ada tanda-tanda khusus yang dapat dilihat dengan jelas. Hanya saja, berat badan si anak hanya mencapai 80 persen dari berat badan normal. Sedangkan yang kedua, disebut sebagai Kurang Energi Protein Sedang. Pada tahap ini, berat badan si anak hanya mencapai 70 persen dari berat badan normal. Selain itu, ada tanda yang bisa dilihat dengan jelas adalah wajah menjadi pucat, dan warna rambut berubah agak kemerahan. Ketiga, disebut sebagai Kurang Energi Protein Berat. Pada bagian ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu kurang sekali, biasa disebut Marasmus. Tanda pada marasmus ini adalah berat badan si anak hanya mencapai 60 persen atau kurang dari berat badan normal. Selain marasmus, ada lagi yang disebut sebagai Kwashiorkor. Pada kwashiorkor, selain berat badan, ada beberapa tanda lainnya yang bisa secara langsung terlihat. Antara lain adalah kaki mengalami pembengkakan, rambut berwarna merah dan mudah dicabut, kemudian karena kekurangan vitamin A, mata menjadi rabun, kornea mengalami kekeringan, dan terkadang terjadi borok pada kornea, sehingga mata bisa pecah. Selain tanda-tanda atau gejala-gejala tersebut, ada juga tanda lainnya, seperti penyakit penyertanya. Penyakit-penyakit penyerta tersebut misalnya adalah anemia atau kurang darah, infeksi, diare yang sering terjadi, kulit mengerak dan pecah sehingga keluar cairan, serta pecah-pecah di sudut mulut.
( http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid996638532,62208,)
Untuk menghindari kekurangan gizi, diperlukan komposisi seimbang antara karbohidrat (45%-65%), protein (10%-25%), lemak (30%) dan berbagai macam vitamin. Hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kepandaian dan kematangan sosial. (http://www.astaga.com/content/gizi-seimbang-untuk-tumbuh-kembang-anak, diakses pada tanggal 13 maret 2010).
Upaya-upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak antara lain adalah dengan meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai gizi, melakukan pengobatan kepada si anak dengan memberikan makanan yang dapat menjadikan status gizi si anak menjadi lebih baik, dan harus dilakukan pemilihan makanan yang baik untuk si anak. Dan akan lebih baik jika memberikan vitamin. Kemudian, makanan yang kualitasnya baik adalah makanan yang mengandung semua zat gizi, antara lain protein, karbohidrat, zat besi, dan mineral. ( http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid996638532,62208,)

2.2 Tinjauan Tentang Pertumbuhan Anak
Tumbuh kembang adalah proses yang continue sejak dari konsepsi/bayi sampai maturitas /dewasa yang dipengaruhi oleh factor bawaan dan lingkungan. Dalam periode tertentu terdapat masa percepatan atau masa perlambatan serta laju tumbuh kembang yang berlainan diantara organ-organ. Pola perkembangan anak adalah sama pada semua anak, tetapi kecepatan berbeda antara anak yang satu dengan yang lain. Tahap-tahap Pertumbuhan dan PerkembanganTerdapat variasi yang besar, tetapi setiap anak akan melalui suatu " milestone" yang merupakan tahapan dari tumbuh kembangnya dan tiap-tiap tahap mempunyai ciri tersendiri .
Proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak selamanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhinya baik faktor yang tidak dapat dirubah dan dapat dirubah/dimodifikasi yaitu faktor keturunan, maupun faktor yang dapat dirubah atau dimodifikasi yaitu faktor lingkungan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah sebagai berikut:
Faktor Keturunan/Herediter :
Sex : contohnya, kecepatan pertumbuhan dan perkembangam pada seorang anak wanita berbeda dengan anak laki-laki.
Ras : contohnya, anak keturunan bangsa Eropa lebih tinggi dan lebih besar dibanding anak Asia.
Faktor Lingkungan :
Lingkungan eksternal : Kebudayaan, Status sosial ekonomi keluarga, Nutrisi, Penyimpangan keadaan sehat, Olah raga.
Lingkungan Internal :
Intelegensi : Pada umumnya anak yang mempunyai integensi tinggi, mempunyai perkembangan lebih baik.
Hormon : Ada tiga hormon yang mempengaruhi pertumbuhan anak yaitu: Somatotropin, hormon yang mempengaruhi jumlah sel tulang, merangsang sel otak pada masa pertumbuhan. Berkurangnya hormon ini dapat menyebabkan gigantisme; hormon tiroid, mempengaruhi pertumbuhan tulang. Berkurangnya hormon ini dapat menyebabkan kreatinisme; Hormon gonadotropin, merangsang testosteron dan merangsang perkembangan seks laki-laki dan memproduksi spermatozoid. Sedangkan estrogen merangsang perkembangan seks sekunder wanita dan produksi sel telur: kekurangan homon gonadotropin dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan seks.
Emosi : Hubungan yang hangat dengan orang lain seperti dengan ayah, ibu, saudara, teman sebaya serta guru akan memberi pengaruh terhadap perkembangan emosi, sosial dan intelektual anak. Cara anak berinteraksi dalam keluarga akan mempengaruhi interaksi anak di luar rumah. Apabila keinginan anak tidak dapat terpenuhi sesuai dengan tahap perkembangan tertentu dapat memberi pengaruh terhadap tahap perkembangan selanjutnya.
( http://www.infoibu.com/tipsinfosehat/tumbuhkembang.htm)

2.3 Obat Untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk mengatasi masalah nafsu makan pada anak, penambahan obat dan vitamin juga dapat menjadi salah satu alternatif yang perlu digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak.
Secara umum proses kerja obat penambah nafsu makan anak adalah meningkatkan metabolisme, menekan atau menghambat asam lambung, dan merangsang sekresi makanan sehingga meningkatkan nafsu makan.
Berdasarkan penelitian yang telah ada, rebusan temulawak dan temuireng akan merangsang enzimatis sehingga perut terasa kosong dan akan mengirim sinyal ke otak yang akan menimbulkan keinginan untuk makan atau menimbulkan rasa lapar.( Handayani L, Maryani H. Mengatasi Penyakit Anak dengan Ramuan Tradisional. Jakarta: Agro Media Pustaka, 2002.)
Obat- obat sintesis biasanya digunakan sebagian masyarakat untuk meningkatkan nafsu makan anknya. obat – obat yang digunakan biasanya mengandung zat kurkumin atau lysin.
Curcumin bekerja dengan cara merangsang enzimatis untuk meningkatkan kerja lambung sehingga perut terasa kosong dan selanjutnya akan mengirim sinyal ke otak dan pada akhirnya akan menimbulkan keinginan untuk makan atau menimbulkan rasa lapar bagi pengkonsumsi (Handayani L, Maryani H. Mengatasi Penyakit Anak dengan Ramuan Tradisional. Jakarta: Agro Media Pustaka,2002.)
Lysine adalah asam amino esensial, dalam artian esensial untuk kesehatan manusia namun tidak dapat dibuat oleh tubuh. Lysine penting untuk menunjang pertumbuhan dan bersama vitamin D3 memperbaiki penyerapan kalsium dalam tubuh. lysine sendiri memang dapat meningkatkan nafsu makan. Pada usia 5 bulan - 2 tahun lysine dibutuhkan sekitar 69 mg/kgBB/hari.
Obat – obat sintesis yang sering digunakan masyarakat antara lain : Caviplex 60 ml, Curcuma, Curcuma Plus DHA, Curvit Emulsion dan syrup, scott emultion, Hufalysin, Joybee Madu Kids, Madu Curcuma 150ml, Vidoran Emulsion, Dexamethazone, vitamin B dan sebagainya.
Namun sebagian masyarakat lebih suka menggunakan obat tradisional yang dinilai lebih aman mengingat obat tradisional bebas dari bahan- bahan kimia. Resep yang dibuat untuk menambah nafsu makan dengan cara sederhana misalnya rimpang temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) yang diiris-iris dicampur dengan asam jawa, direbus dengan air sebanyak satu gelas penuh, menggunakan panci non- aluminium. Air rebusannya disisakan sebanyak setengah gelas untuk diminum anak.

2.4 Tinjauan Tentang Tanaman
Jenis Curcuma (Zingeberacae) ini tersebar luas di daerah tropika India, Myanmar, Indocina, Thailand, Malaysia, sampai Kepulauan Pasifik. Temu ireng ini memunyai kandungan minyak atsiri tidak kurang dari 0,4 persen, alkaloid, zat pahit, pati, saponin, damar tanin, zat warna biru, curcumin, dan lemak.
Menurut wikipedia indonesia “ Temu Hitam “ ( curcuma aeruginosa ) termasuk familia zingiberacaea. Temu hitam merupakan tumbuhan semak, batang berwarna hijau dan agak lunak karena merupakan batang semu yang tersusun atas kumpulan pelepah daun, panjang batang kurang lebih 50 cm, dan tinggi tumbuhan dapat mencapai 2 meter.Temu hitam merupakan tumbuhan yang dapat hidup secara liar di hutan-hutan jati, terutama di Pulau Jawa dari ketinggian 400-1.750 meter di atas permukaan laut dan tumbuhan ini menyukai tanah subur. Daunnya berbentuk lanset lebar dengan helaian daun yang tipis, warna daun hijau sampai coklat keunguan agak gelap. Bunga keluar dari ketiak daun atau samping batang. Bunga tertutup oleh 2-3 pelepah, panjang batang bunga 20-50 cm dan mahkota bunga berwarna krem sampai merah jambu. http://id.wikipedia.org/wiki/Temu_hitam )
Data taksonomi Curcuma Aeruginosa Roxb adalah sebagai berikut :
Klasifikasi
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiosperrnae
Kelas : Monocotyledona
Bangsa : Zingiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga : Curcuma
Jenjs : Curcuma aeruginosa Roxb
Nama umum/dagang : Temu ireng
Nama daerah
Sumatera : Temu itam (Melayu) Temu hitam (Minangkabau)
Jawa : Koneng hideung (Sunda) Temu ireng (Jawa
Tengah) Temo ireng (Madura)
Ball : Temu ireng
Sulawesi : Temu lotong (Bugis)

Deskripsi
Habitus : Semak, tinggi ± 1,5 m.
Batang : Batang semu, terdiri dari pelepah daun, tegak, membentuk rimpang, hijau muda.
Daun : Tunggal, bulattelur, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang ± 40 cm, lebar + 20 cm, permukaan licin, pertulangan menyirip, terdapal garis-garis coklat membujur, hijau.
Bunga : Majemuk, berambut, tangkai 20-35 cm, mahkota panjang ± 2,5 cm, lebar 1,5 cm, kuning, keiopaksilindris, bercangap tiga, tipis, ungu, pangkal daun pelindung putih, ujung daun pelindung ungu, ungu kemerahan.
Akar : Serabut, coklat muda.
Khasiat : Rimpang Curcuma aeruginosa berkhasiat sebagai peluruh dahak, obat cacing, dan penambah natsu makan.
Kandungan kimia : Temu ireng mengandung flavonoida dan polifenol, minyak atsiri, curcumol, kurdione, zat pati, damar, alkaloida, saponin, lemak, mineral.(toko herbal.com).
Crude Drugs menyebutkan, temu hitam mengandung senyawa curcuminoids, lengkap dengan turunannya seperti diferuloyl methane , desmethoxy-curcumin dan bidesmethoxy curcumin .( http://jatiworo.blogspot.com/2008_11_30_archive.html)
Temu ireng (Curcuma aeruginose) sangat banyak manfaatnya. Selain cara menanamnya mudah, tumbuhan ini memunyai kandungan kimia berkhasiat untuk mengobati cacingan dan menambah nafsu makan.
Selain itu, temu ireng bisa juga untuk menambah nafsu makan, mengobati perut kembung, obat luka, mengobati penyakit kulit seperti kudis dan borok, meredakan mulas, peluruh angin, penambah darah, batuk asma, sariawan, menstimulasi kerja lambung, dan mempercepat masa nifas.( http://www.klipingku.com/2009/09/manfaat-temu-hitam-untuk-pengobatan-dan-kesehatan/)
Tumbuhan terna yang dapat mencapai tinggi 2 meter ini merupakan tumbuhan liar di hutan-hutan, di ladang-ladang yang tidak terpelihara, dan bahkan tumbuh di tempat yang berbatu.
Rimpangnya yang tergolong besar berwarna kuning mengilap dan ujungnya merah, jika dipotong warnanya akan terlihat biru gelap seperti timah. Tumbuhan ini menghasilkan rimpang berukuran besar, bercabang merata dan merupakan umbi batang.( khasiat daftar Tanaman Obat .com)
Sepintas tanaman yang umumnya tumbuh pada ketinggian 200--1.200 meter di atas permukaan laut ini mirip dengan temu giring (Curcuma heyneana). Keduanya memang bisa dipergunakan untuk obat cacing. Namun, temu giring memiliki perbedaan yakni berdaun hijau muda, mahkota bunga berwarna merah, dan daging rimpang berwarna kuning yang rasanya pahit.
Temu ireng menyukai habitat tanah yang subur, berdrainase baik, dan agak ternaungi. Jenis ini banyak ditemukan di bawah tegakan jati. Perbanyakan bibit dilakukan menggunakan rimpang induk maupun rimpang cabang.
Namun sebaiknya rimpang harus dikeringkan dulu dengan jalan menjemurnya beberapa jam, sekitar 2--3 pekan sebelum ditanam. Sebelum dikeringkan, lebih dulu dipotong-potong menjadi bagian-bagian bibit yang memunyai 2--3 mata rimpang cabang. Jika menggunakan rimpang induk disarankan dibelah menjadi empat bagian.
Bagian tanaman yang dipanen berupa rimpang induk dan rimpang cabang yang sudah cukup besar. Pemanenan dilakukan setelah tanaman berumur 5--7 bulan setelah tanam, dengan cara mengangkat rimpang memakai garpu. Bagian terpenting untuk bahan baku obat tradisional adalah akar tunggalnya. (http://artikel-alternatif.blogspot.com/2008/01/manfaat-temu-hitam.html)
Secara mikroskopik, akar tinggal berbentuk pipih, bagian tepinya agak melengkung, bergaris tengah 1--4 cm. Bagian luarnya berwarna cokelat, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih kecokelatan sampai cokelat muda bintik-bintik cokelat. Usai dipanen, rimpang temu ireng dapat dikeringkan dan diparut untuk jamu keperluan sendiri.
( http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=258)

2.4 Ekstraksi
Ekstrak adalah sediaan pekat yang diperoleh dengan mengekstraksi zat aktif dari simplisia nabati atau simplisia hewani menggunakan pelarut yang sesuai, kemudian semua atau hampir semua pelarut diuapkan dan massa atau serbuk yang tersisa diperlakukan sedemikian hingga memenuhi baku yang telah ditetapkan (Anonim, 1995). Pembuatan sediaan ekstrak dimaksudkan agar zat berkhasiat yang terdapat pada simplisia terdapat dalam bentuk yang mempunyai kadar tinggi dan hal ini memudahkan zat berkhasiat dapat diatur dosisnya (Anief, 1987).
Metode ekstraksi dipilih berdasarkan beberapa faktor seperti sifat dari bahan mentah obat, daya penyesuaian dengan tiap macam metode ekstraksi dan kepentingan dalam memperoleh ekstrak yang sempurna atau mendekati sempurna (Ansel, 1989). Beberapa metode penyarian antara lain, maserasi, perkolasi, dan soxhletasi (Anonim, 1986).

a. Maserasi
Maserasi merupakan cara penyarian yang sederhana. Maserasi dilakukan dengan cara merendam serbuk simplisia dalam cairan penyari. Cairan penyari akan menembus dinding sel dan masuk ke dalam rongga sel yang mengandung zat aktif dan zat aktif akan larut (Anonim, 1986). Simplisia yang akan diekstraksi ditempatkan pada wadah atau bejana yang bermulut lebar bersama larutan penyari yang telah ditetapkan, bejana ditutup rapat kemudian dikocok berulang–ulang sehingga memungkinkan pelarut masuk ke seluruh permukaan simplisia (Ansel, 1989).
Maserasi digunakan untuk penyarian simplisia yang mengandung zat yang mudah larut dalam cairan penyari. Cairan penyari yang digunakan dapat berupa air, air-etanol, dan etanol saja.
Maserasi umumnya dilakukan dengan cara 100 bagian simplisia dengan derajat halus yang cocok dimasukkan kedalam bejana, kemudian dituang dengan 75 bagian cairan penyari, ditutup dan dibiarkan selama 5 hari, kemudian disaring dan ampasnya diperas. Sehingga diperoleh seluruh sari sebanyak 100 bagian.
(Voight,1995:12)
Keuntungan metode ini adalah pengerjaan dan peralatan yang digunakan sederhana dan mudah diperoleh maseratnya.

2.5 Hewan Uji
2.5.1 Pemilihan Hewan Uji
Pemilihan hewan percobaan yang tepat secara garis besar didasarkan pada kepekaan hewan terhadap metode uji yang akan dilakukan dan berkaitan erat dengan faktor internal biologis pada masing-masing spesies.
2.5.2 Klasifikasi Tikus Putih
Tikus termasuk kelompok mamalia (hewan menyusui) dan para ahli zoology (ilmu hewan) sepakat untuk menggolongkannya ke dalam Ordo Rhodensia (hewan pengerat). Adapun klasifikasinya sebagai berikut (http://id.wikipedia.org):
Kerajaan : Animalia
Fillum : Chordata
Kelas : Rodentia
Subordo : Odontoceti
Famili : Muridae
Genus : Rattus
Species : R.norvegicus
2.5.3 Karakteristik Tikus Putih
Tikus relative resisten terhadap infeksi dan tergolong sangat cerdas. Tikus putih pada umumnya tenang dan mudah ditangani. Masa hidupnya hingga 4 tahun. Secara umum tikus tergolong hewan malam yang memiliki sifat-sifat yang miirp mencit. Seperti halnya mencit, tikus memiliki kecenderungan untuk berkumpul dengan sesamanya tidak begitu besar, dapat tinggal sendirian dalam kandang asalkan tidak dapat melihat dan mendengarkan tikus lain. Aktivitasnya tidak begitu terganggu dengan adanya manusia disekitarnya. Kadar hemoglobin normal tikus putih 11,1 – 18,0 g/dl.
Tikus lebih menguntungkan dibanding mencit karena ujurannya lebih besar. Bila diperlakukan kasar atau mengalami kekurangan makanan atau gizi. Hewan ini menjadi lebih galak dan bersifat menyerang dengan menggigit bila merasa terpojok.
2.5.4 Cara Menangani Hewan Percobaan
Dalam menangani tikus, harus dilakukan dengan tekhnik-tekhnik tertentu.
2.5.4.1 Cara Memegang Hewan Percobaan
Tikus dapat diperlakukan sama seperti mencit, hanya harus diperhatikan bahwa sebaiknya bagian ekor yang dipegang adalah bagian pangkal ekor. Tikus dewasa atau tikus bunting tidak boleh dipungut dengan ekornya melainkan dengan memegang badannya, tikus dapat diangkat dengan memegang perutnya ataupun dengan cara sebagai berikut : tikus diangkat dari kandangnya dengan memegang tubuh atau ekornya dari belakang, kemudian letakkan diatas permukaan kasar. Tangan kiri diluncurkan dari belakang tubuhnya menuju kepala dan ibu jari diselipkan ke depan untuk menjepit kiri kanan depan tikus antara jari ini dengan telunjuk. Tikus tidak akan mengelak bila dipegang dari atas tapi bila dipojokkan ke sudut, ia akan panik dan menggigit.
2.5.4.2 Pemberian obat pada hewan percobaan secara oral
Pemberian obat secara peroral kepada tikus dan mencit dilakukan dengan jarum suntik sonde yang ujungnya tumpul (bentuk bola/kanulla). Kanulla ini dimasukkan ke dalam mulut, kemudian perlahan-lahan dimasukkan melalui tepi langit-langit ke belakang sampai esophagus. Volume maksimum untuk pemberian peroral pada tikus adalah 5,0 ml. (C. Gad, 2006: 171)
2.6 Kerangka teori
Dalam Curcuma aerogenoceae terdapat kandungan curcumin yang berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Curcumin menyebabkan relaksasi usus pada saluran pencernaan dan membantu pencernaan makanan serta absorsi bahan makanan dengan cara meningkatkan kerja lambung sehingga perut terasa kosong dan selanjutnya akan mengirim sinyal ke otak dan pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi atau menimbulkan rasa lapar bagi pengkonsumsi dan menambah bobot badan.
Temu ireng mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah dapat dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan. Hal ini pernah dibuktikan dengan percobaan mengenai pengaruh pemberian infus rimpang Curcuma aeruginosa Roxb secara oral terhadap jumlah makanan yang dikonsumsi dan berat badan pada beberapa kelompok tikus putih dengan menggunakan dosis 5%, 15%, 25% dan air suling sebagai kontrol.
Kali ini peneliti akan mencoba menggunakan alternatif ekstrak temu ireng terhadap hewan uji (tikus) untuk mengamati peningkatan nafsu makan pada tikus. Ekstrak diperoleh dengan cara maserasi. Metode ini dipilih karena prosesnya mudah dan praktis. Selain itu, Proses ini sangat menguntungkan karena dengan perendaman sampel tumbuhan akan terjadi pemecahan dinding dan membran sel akibat perbedaan tekanan antara di dalam dan di luar sel, sehingga metabolit sekunder yang ada dalam sitoplasma akan terlarut dalam pelarut organik dan ekstraksi senyawa akan sempurna karena terjadi kontak yang cukup lama antara bahan dengan cairan penyari dapat. Selain itu, pemilihan pelarut alkohol untuk proses maserasi akan memberikan efektivitas yang tinggi karena alkohol merupakan pelarut yang banyak digunakan dalam proses isolasi senyawa organik bahan alam karena dapat melarutkan seluruh golongan metabolit sekunder.
Percobaan ini dilakukan peneliti untuk melihat dosis efektif ekstrak Temu ireng terhadap peningkatan nafsu makan pada hewan uji. Sebelum perlakuan, tikus diadaptasikan pada kondisi penelitian. Dalam percobaan , tikus dibagi dalam 5 kelompok. 1 kelompok sebagai kontrol negatif dengan menggunakan aquadest, 3 kelompok lainnya diberi perlakuan dosis 2.5%, 5%, dan 10% dengan menggunakan ekstrak temu ireng, dan 1 kelompok lagi sebagai kontrol positif dengan menggunakan tablet curcuma dengan interval pemberian 1 kali sehari dan sebanyak 5 ml secara peroral . Peneliti mengambil dosis 5% sebagai acuan karena menurut dosis penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dosis tersebut merupakan dosis efektif yang dapat digunakan untuk obat penambah nafsu makan. Dan selanjutnya peneliti mengambil dosis bawah 2,5 %, dosis tengah 5%, dan dosis atas 10 %. Penggunaan dosis ini diharapkan dapat memaksimalkan efek penambah nafsu makan karena jarak interval tidak begitu berjauhan antar dosis sehingga efeknya dapat diamati secara visual.
Sebelum penelitian tikus dikondisikan selama 7 hari untuk mengadaptasikan tikus pada lingkungan percobaan. Tikus diberi makan dan minum secukupnya. Dan 14 hari selanjutnya, tikus diberikan ekstrak temu ireng pada hewan percobaan 1 kali sehari sesuai dosis perkelompoknya. Selanjutnya, tikus diberikan makanan yang diketahui beratnya dan diikuti selama 24 jam. Untuk mengetahui jumlah makanan yang dihabiskan tikus, maka jumlah makanan awal sebelum diberikan dikurangi dengan jumlah sisa makanan tikus. Dan pada setiap akhir minggu penelitian, tikus ditimbang untuk diketahui berat badannya. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 3 minggu terhitung dari waktu adaptasi tikus.














BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Rancangan Penelitian
Untuk melihat bagaimana pengaruh pemberian ekstrak temu ireng pada peningkatan nafsu makan hewan uji dilakukan penelitian menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan pada obyek penelitian setelah pengobatan atau pemberian ekstrak temu ireng yang diberikan dengan dosis berbeda pada tiap kelompok obyek penelitian. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap kegiatan persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Pertama tahap persiapan meliputi persiapan sampel, penentuan objek penelitian, mempersiapkan prosedur kerja, persiapan alat dan bahan. Tahap kedua, pelaksanan yaitu pengumpulan data dengan melaksanakan prosedur. Tahap selanjutnya yaitu melakukan analisis data dan membuat kesimpulan.

3.2 Populasi dan Sampel Penelitiaan
3.2.1 Populasi Penelitian
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ekstrak temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb).


3.3 Lokasi dan Waktu Penelitiaan
3.3.1 Lokasi Penelitian
Penelitian studi efektifitas ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) sebagai penambah nafsu makan pada tikus dilakukan di laboratorium Farmakologi, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
3.3.2 Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilakukan pada bulan Desember 2009 - Mei 2010.

3.4 Instrumen Penelitiaan
Instrumen penelitiaan adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Adapun alat yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah sebagai berikut :
3.4.1 Alat
1. Labu ukur 10 ml 9.Pembakar spiritus
2. Bekker glass 100 ml 10. Kaki tiga
3. Asbes 11. Kertas saring
4. Batang pengaduk 12. Spuit yang ujungnya tumpul
5. Botol semprot 13. Timbangan dan anak timbangan
6.Gelas ukur 100 ml dan 10 ml 14. bejana
7. Masker dan sarung tangan 15. Corong buchner
8.Sonde 16.cawan



3.4.2 Bahan
Simplisia rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb)
Alkohol
Aquadest

3.5 Definisi Operasional Variabel
Klasifikasi Variabel pada penelitiaan ini ada 2 macam yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitiaan ini adalah dosis ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb), dan variabel terikat adalah intensitas efek peningkatan nafsu makan pada tikus yang diberi perlakuan.
Tabel 3.1

Definisi Operasional Variabel

Variabel Definisi operasional Alat ukur Hasil ukur
Efek peningkatan nafsu makan ekstrak temu ireng pengamatan jumlah makanan yang dihabiskan / gramnya dalam 1 hari sebelum dan sesudah perlakuan
(dalam 21 hari) Visual Dibandingkan dengan kontrol positif dan negatif
Dosis efektif Dosis yang memiliki kemampuan maksimal untuk meningkatkan nafsu makan Visual
Dibandingkan dengan kontrol positif





3.6 Tahap Penelitian
Untuk mengetahui efek peningkatan nafsu makan ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) diperlukan tahap – tahap dan proses pengumpulan data, adapun prosedur kerjanya sebagai berikut:
3.6.1 Penentuan Obyek Penelitiaan
Penentuan obyek penelitiaan didasarkan pada persyaratan berikut :
- Tikus berjenis kelamin jantan
- Berbobot badan antara 195 – 205 gram

3.6.2 Persiapan Obyek
Disiapkan sebanyak 25 ekor tikus dibagi menjadi 5 kelompok, masing- masing kelompok terdiri atas 5 ekor tikus yang diambil secara acak. Adapun cara pengacakan dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
3.6.2.1 Randomisasi
Tabel 3.2
Tabel Randomisasi

Bilangan Yang Terpilih Urutan Ke Ranking Pembagian Perlakuan
180 1 4 Kontrol negatif(A)
731 2 20
046 3 1
308 4 10
182 5 5
814 6 22 Dosis 1(B)
215 7 6
618 8 16
823 9 23
641 10 18
247 11 7 Dosis 2(C)
573 12 14
799 13 21
518 14 12
548 15 13
603 16 15 Dosis 3(D)
621 17 17
428 18 11
939 19 25
911 20 24
286 21 9 Kontrol positif(E)
062 22 2
274 23 8
086 24 3
646 25 19








3.6.2.2 Denah Layout
Tabel 3.3
Tabel Denah layout
1 046(A3) 2 062(E2) 3 086(E4) 4 180(A1) 5 182 (A5)
6 250(B2) 7 247(C1) 8 274(E3) 9 286(E1) 10 308(A4)
11 428(D3) 12 518(C4) 13 548(C5) 14 573(C2) 15 603(D1)
16 618(B3) 17 621(D2) 18 641(B5) 19 646(E5) 20 731(A2)
21 799(C3) 22 814(B1) 23 823(B4) 24 911(D5) 25 939(D4)

3.6.3 Perhitungan bahan
Adapun perhitungan bahan untuk membuat dosis satu kali pakai ekstrak temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) adalah sebagai berikut:




Tabel 3.4
Tabel Perhitungan Dosis
Kelompok Perhitungan Dosis Tikus
(/ 200 gram BB)
I(kontrol negatif) Aquadest
II 2,5% =2.5 gram ad 100 ml, ambil 3 ml
III 5% = 5 gram ad 100 ml, ambil 3 ml
IV 10% = 10 gram ad 100 ml, ambil 3 ml
V(kontrol positif) 200 mg x 0,018 = 3,6 mg ad 3 ml

3.6.4 Pembuatan bahan
Dalam pemilihan formula ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) terdiri atas 3 sampel formula dan 2 formula untuk kontrol positif dan negatif.
Tabel 3.5
Tabel Pembuatan Bahan
Kelompok I II III IV V
Perhitungan bahan Kontrol negatif 2.5 gram ad 100 ml 5 gram ad 100 ml 210 gram ad 100 ml 252 mg ad 100 ml

Keterangan :
Masing- masing dosis ekstrak (II – IV) tersebut diekstraksi dengan cara maserasi dan diuapkan serta diserkai lalu ekstrak tersebut dipipet 3 ml selanjutnya diberikan pada tikus sesuai kelompoknya.
3.6.5 Pembuatan ekstrak temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb)
1. Menyiapkan alat dan bahan.
2. Menyiapkan rajangan simplisia temu ireng.
3. Menimbang rajangan simplisia(basah or kering) rimpang temu ireng masing-masing (dosis 2.5%, 5%, dan 10% ) Kemudian dimasukkan pada masing-masing wadah untuk dibuat ekstrak.
4. Lalu tuangi 75 bagian penyari (alkohol 75 ml) pada masing – masing beaker glass, @ beaker 75 bagian(75 ml).
5. Ditutup dan dibiarkan selama 5 hari terlindung dari cahaya sambil sering diaduk.
6. Setelah 5 hari campuran tersebut diserkai, peras dan bilas ampasnya dengan menambahkan sisa penyari (25 ml) hingga diperoleh 100 bagian pada tiap pembuatan formula.
7. Lalu maserat dipindah dalam bejana tertutup dan dibiarkan ditempat sejuk, terlindung dari cahaya selama 2 hari.
8. Maserat disaring kembali.
9. Kemudian maserat disuling atau diuapkan pada tekanan rendah suhu kurang lebih 90 ¬¬0C selama 15 menit, dan diamkan sampai dingin. (Anief ,1995:169). 10. Kemudian dipipet 3 ml dari masing- masing beaker, kemudian diujikan pada tikus.

3.6.5 Prosedur Penelitiaan
Adapun prosedur dalam penelitian ini antara lain :
Dari 25 objek yang telah memenuhi persyaratan penelitian, dengan pemeliharaan objek selama 1 minggu untuk masa adaptasi dan selanjutnya kurang lebih 2 minggu masa uji dengan perlakuan dosis yang berbeda pada tiap kelompok hewan uji. Setelah itu semua objek dibagi mejadi 5 kelompok, 1 kelompok sebagai kontrol yang akan diberi aquadest,3 kelompok diberi perlakuan dosis. Perlakuan II, III, IV diberikan ekstrak temu ireng , dan 1 kelompok lagi sebagai kontrol positif dengan memberikan tablet curcuma. Semua formula diberikan secara oral, selama 14 hari berturut-turut. Pada tiap hari diamati jumlah makanan yang dihabiskan tikus dan diamati peningkatan berat badan tikus tiap minggunya . Dari hasil penelitian masing-masing objek dicatat dan dianalisa.
Prosedur penelitiaan dilakukan melalui tahap- tahap sebagai berikut:
1. Tikus diadaptasikan dengan diberi makanan dan minum seperti biasa selama 7 hari
2. Menyiapkan ekstrak temu ireng dengan berbagai dosis pengujian untuk meningkatkan nafsu makan (pada tabel 3.4 ). Tikus dikelompokan menjadi 5 kelompok, masing masing kelompok terdiri dari 5 ekor.
3. Masing-masing tikus kelompok uji disonde setiap hari pada pagi hari
4. Menimbang berat badan semua kelompok tikus dilaksanakan setiap tujuh hari sekali dan perlakuan ini dilakukan selama empat belas hari.
5.Pengamatan hewan uji berdasarkan perubahan berat badan dan jumlah makanan yang dihabiskan.
6. Pada tahap pengumpulan data, data-data yang telah didapat dikumpulkan dan dibuat tabel perbandingan antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Data disajikan dalam bentuk kuantitatif (angka).
7. Penyajian data berdasar atas data-data yang telah didapat kemudian dianalisis dan dibahas.

3.7 Analisis Data
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah diperoleh maka, diperoleh data sebagai berikut:



Tabel 3.6
Tabel hasil pengamatan
Kelompok I II III IV V
tikus ke 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
sebelum perlakuan
(adaptasi) Jumlah makanan yang dihabiskan






Total
Rata- rata
Berat badan
Sesudah perlakuan Jumlah makanan yang dihabiskan













Total
Rata- rata
Berat badan


Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa menggunakan Analisa Varian ( ANAVA ) dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap ( RAL ), untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variasi dosis rimpang temu ireng (Curcuma aerogenoceae.Roxb) terhadap nafsu makan mencit.
Adapun rancangan penelitian sebagai berikut :
Tabel 3.7
Tabel Rancangan Penelitian
ULANGAN PERLAKUAN TOTAL
A B C D E
1 A1 B1 C1 D1 E1
2 A2 B2 C2 D2 E2
3 A3 B3 C3 D3 E3
4 A4 B4 C4 D4 E4
5 A5 B5 C5 D5 E5
TOTAL TA TB TC TD EE
RATA-RATA XA XB XC XD XE ∑Xij




Keterangan tabel :
A . perlakuan kontrol negatif
B. perlakuan ekstrak dosis I
C. perlakuan ekstrak dosis II
D. perlakuan ekstrak dosis III
E. perlakuan kontrol positif
Dalam analisis varian, desain percobaan dengan randomisasi lengkap prosedurnya sebagai berikut :
Tentukan level signifikan.
Buat tabel ANAVA, sehingga perlu dihitung terlebih dahulu :
Faktor koreksi
FK = (∑▒〖Tj^2 〗)/np
Jumlah Kuadrat Total (JKT)
JKT = ∑▒〖(Xij〗 )^2 - FK
Jumlah Kuadrat Perlakuan (JKP)
JKP = (∑▒〖(Tj)^2 〗)/p- FK
Jumlah Kuadrat Gallat (JKG)
JKG = JKT – JKP
Derajat Bebas (db)
db perlakuan = p – 1
db total = np – 1
db gallat = db total – db perlakuan

Kuadrat Tengah (KT)
KTP = JKP/(db Perlakuan )

KTG = JKG/(db Galat )
Harga statistik (F)
F hitung = KTP/KTG
Tabel 3.8
Tabel ANAVA
Sumber keragaman
( SK ) Derajat bebas
( db ) Jumlah kuadrat
( JK ) Kuadrat tengah
( KT ) F hitung F table
5 % F table
1 %
Perlakuan t – 1 JKP JKP/dbp KTP/KTG
Galat t ( r – 1 ) JKG JKG/dbg
Total tr – 1 JKT

Jika F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan SNK. Tujuannya untuk mengetahui perlakuan mana yang berbeda nyata. Rumus beda nyata terkecil adalah sebagai berikut :
Sx = √(KTG/r)
SNK = W = q α(p,fe) . S x ̅
Keterangan :
Jika F hitung > F tabel 1%, perbedaan rata-rata perlakuan atau pengaruh perlakuan dikatakan sangat nyata dan pada hasil F hitung diberikan tanda (**)
Jika F hitung > F tabel 5%, tetapi < F tabel 1% atau F hitung terletak diantara F tabel 5% dan F tabel 1% perbedaan pengaruh perlakuan dikatakan nyata atau ada perbedaan nyata pengaruh perlakuan, dan pada hasil F hitung diberi tanda (*).
Jika F hitung < F tabel 5%, dikatakan bahwa tidak ada perbedaan antara harga rata-rata perlakuan atau tidak ada pengaruh yang nyata dari perlakuan-perlakuan yang dicobakan dan pada hasil F hitung diberi tanda tn yang berarti (tidak nyata).






















BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1. Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 14 hari terhadap tikus putih dapat diketahui data peningkatan nafsu makan tikus sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian studi ekstrak temu ireng sebagai penambah nafsu makan dengan variasi dosis, ditandai oleh peningkatan jumlah makan yang dihabiskan dan penambahan berat badan tikus.
Tabel 4.1 Tabel peningkatan jumlah makan yang dihabiskan sebelum dan sesudah perlakuan
ULANGAN PERLAKUAN TOTAL
A B C D E
1
2
3
4
5
TOTAL
RATA-RATA ∑Xij

Tabel 4.2 tabel penambahan berat badan tikus sebelum dan sesudah perlakuan
BERAT BADAN
/ MINGGU PERLAKUAN TOTAL
A B C D E
1
2
TOTAL
RATA-RATA ∑Xij

Keterangan :
A : Konsentrasi dosis 2.5%
B : Konsentrasi dosis 5%
C : Konsentrasi dosis 10%
D : Kontrol positif
E : Kontrol negatif

Dari data diatas dapat kita lihat bahwa persentase keberhasilan peningkatan nafsu makan pada tikus dapat dilihat adanya perbedaan antara tikus yang diberikan perlakuan dengan kontrol negatif dapat digunakan sebagai pembanding antara tikus yang diberi ekstrak temu ireng dengan tikus yang tidak di beri ekstrak temu ireng. Pada tabel 4.1 dan tabel 4.2 diketahui bahwa pada konsentrasi dosis 2.5%, 5%, 10% terdapat peningkatan nafsu makan dan menambah berat badan tikus. Dengan demikian, dari hasil rata-rata ketiga dosis diatas dapat dikatakan bahwa ekstrak temu ireng memiliki aktifitas sebagai penambah nafsu makan.
4.1.2 Tabel Hasil Analisis Data ANAVA
Sumber Keragaman Db JK KT F hitung F tabel
5% 1%
Perlakuan 5
Gallat
Kesimpulan :
Dari analisis data ANAVA pada tabel dapat dilihat nilai F hitung = ...... lebih besar dari pada F 0,05 (....), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak berarti terdapat pengaruh terhadap peningkatan nafsu makan tikus dari berbagai dosis ekstrak temu ireng. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan maka uji dilanjutkan ke uji SNK seperti pada lampiran 1.






BAB V
PEMBAHASAN
Dalam penelitian ini rimpang temu ireng diperoleh dari Lembaga Dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur, UPT Materia Medica Kota Batu dalam bentuk simplisia segar atau basah. Dan rimpang temu ireng juga dideterminasi di Lembaga Dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur, UPT Materia Medica Kota Batu, dari hasil determinasi tersebut hanya diperoleh identifikasi tanaman rimpang temu ireng berdasarkan taksonomi atau klasifikasinya secara umum.












BAB VI
PENUTUP


6.1. KESIMPULAN
Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa dosis efektif ekstrak temu ireng (curcuma aerogenoceae.roxb) yang diperlukan sebagai penambah nafsu makan pada tikus putih adalah konsentrasi dosis .....%.

6.2. SARAN
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan hal – hal berikut :
6.2.1. Salah satu usaha untuk meningkatkan nafsu makan hendaknya mengkomsumsi rimpang temu ireng pada konsentrasi dosis ,,,%.
6.2.2. Untuk menarik minat masyarakat dalam program “ Back To Nature “ maka penelitian ini bisa dibuat suatu artikel dalam bentuk selebaran.
6.2.2. Untuk adanya penelitian lanjutan tentang efek pemberian dosis yang tinggi dan aman yang dapat meningkatkan nafsu makan.



























DAFTAR PUSTAKA
Anief, mohammad,1987.Ilmu Meracik Obat,UGM:jogyakarta.
Anonim, 1997, Materia Medika Indonesia jilid I, Depkes : Jakarta.
Anonym, 2008. http:// www.biologi.co.id diakses tanggal 25 januari 2010.
Departemen Kesehatan RI. Materia Medika Indonesia III. Jakarta 1990.
Ditjen POM, 1986, Sediaan Galenik, Departemen Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta.
Ditjen POM, 1995, Farmakope Indonesia edisi IV, Departemen Kesehatan Republik Indonsia : Jakarta.
Foster GM, Anderson BG. Antropologi Kesehatan, terjemahan, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1986.
Handayani L, Maryani H. Mengatasi Penyakit Anak dengan Ramuan Tradisional. Jakarta: Agro Media Pustaka,2002.
Harmito, maksum radji. Buku Ajar Analisis Hayati. Edisi II. Departemen farmasi FMIPA: universitas Indonesia.
http://artikel-alternatif.blogspot.com/2008/01/manfaat-temu-hitam.html.
http://jatiworo.blogspot.com/2008_11_30_archive.html.
http://www.astaga.com/content/gizi-seimbang-untuk-tumbuh-kembang-anak, diakses pada tanggal 13 maret 2010.
http://Suara Karya Online, diakses 06 januari 2010.
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=258.
htt;//www.depkes.go.id/klasifikasi mencit, diakses 23 januari 2010.
http://www.dinkesngawi.net/index.php?option=com_content&view=article&id=84:admin&catid=34:artikel&Itemid=57.
http://www.infoibu.com/tipsinfosehat/tumbuhkembang.htm
http://www.klipingku.com/2009/09/manfaat-temu-hitam-untuk-pengobatan-dan-kesehatan.
http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid996638532,62208,
Info kesehatan, Derektorat Pengembangan sekolah luar Biasa .com
Khomsan A. Mencetak Anak Unggul: Sehat Fisik dan Psikis. Tinjauan Aspek Gizi. Seminar Mencetak Anak Unggul: Sehat Fisik dan Psikis; Jogjakarta: Indonesia, 2001.
Tumilah, 2008. Dongkrak Nafsu Makan Anak Anda. (Online), (http:// WordPress.com weblog, diakses 14 desember 2009.
Voight, R.1995. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi.Yogyakarta : gadjah Mada university Press.
Wijaya H. M. Hembing 1992, Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia,Jakarta.



















LAMPIRAN


Lampiran 1.temu ireng lampiran 2. proses perajangan












LAMPIRAN

Lampiran 5 Tabel Nilai Persentil Distribusi F (0,01)

Lampiran 6. Tabel Nilai Persentil Distribusi F (0,05)
Lampiran 7. Tabel Angka Random


Lampiran 8. Tabel q (aras 0,05)


Perhitungan bahan
Formula I
Dosis mencit = 1,69 gram
Bahan yang dibutuhkan = (1,69 gram)/x=(10 gram)/(100 ml)




Lampiran 1.
Tabel 1.1 Data peningkatan berat badan tikus normal / masa adaptasi (t=0)
Tikus 1 2 3 4 5 Rata rata
Kelompok I 200 gr 190 190 200 190 194
Kelompok II 190 200 200 190 210 198
Kelompok III 190 200 190 190 200 194
Kelompok IV 190 190 210 190 200 196
Kelompok V 210 190 200 190 190 196

Keterangan :
Kelompok I = kontrol negatif
Kelompok II = ekstrak temu ireng konsentrasi dosis 2.5 %
Kelompok III= ekstrak temu ireng konsentrasi dosis 5 %
Kelompok IV = ekstrak temu ireng konsentrasi dosis 10 %
Kelompok V = kontrol positif
Tabel 1.2 Data peningkatan berat badan sebelum masa perlakuan (t=1)
perlakuan replikasi Peningkatan berat badan pada minggu ke........ total
T0 T1 T2 T3
Kontrol - I 200 gr 190 190 160 740
II 190 170 170 170 700
III 190 190 200 200 780
IV 200 190 190 165 745
V 190=970 190=930 200=950 205=900 785
Rata-rata 194 186 190 180 750
Konsentrasi dosis 2,5% I 190 180 190 190 750
II 200 190 200 215 805
III 200 210 200 205 815
IV 190 195 195 205 785
V 210 200 210 200 820
Rata-rata 198 195 199 203 795
Konsentrasi 5% I 190 195 200 210 795
II 200 210 200 225 835
III 190 190 200 205 785
IV 190 200 200 215 805
V 200 210 200 225 835
Rata-rata 194 201 200 216 811
Konsentrasi 10% I 190 205 220 235 850
II 190 200 220 230 840
III 210 220 240 255 925
IV 190 190 200 240 820
V 200 210 240 250 900
Rata-rata 196 205 224 242 867
Kontrol + I 210 225 240 260 935
II 190 190 220 255 855
III 200 220 250 280 950
IV 190 200 210 240 840
V 190 205 220 250 865
Rata-rata 196 208 228 257 889

perlakuan Ulangan
1 2 3 4 5 Rata rata
Kelompok I 190 170 190 190 190 186
Kelompok II 180 190 210 195 200 195
Kelompok III 195 210 190 200 210 201
Kelompok IV 205 200 220 190 210 205
Kelompok V 225 190 220 200 205 208
Tabel 1.1 Data peningkatan berat badan tikus pada masa perlakuan minggu ke I (t=2)
tikus 1 2 3 4 5 Rata rata
Kelompok I 190 170 200 190 200
190
Kelompok II 190 200 200 195 210 199
Kelompok III 200 200 200 200 200 200
Kelompok IV 220 220 240 200 240 224
Kelompok V 240 220 250 210 220 228
Tabel 1.1 Data peningkatan berat badan tikus pada masa perlakuan minggu ke II (t=3)
tikus 1 2 3 4 5 Rata rata
Kelompok I 160 170 200 165 205 180
Kelompok II 190 215 205 205 200 203
Kelompok III 210 225 205 215 225 216
Kelompok IV 235 230 255 240 250 242
Kelompok V 260 255 280 240 250 257




Lampiran 2
Tabel 2.1 Data peningkatan nafsu makan tikus masa perlakuan

perlakuan replikasi Jumlah makanan yang dihabiskan pada hari ke.......... total
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Kontrol - I 12 13 10 11 10 10 9 13 10 13 10 13 12 11 157
II 10 10 9 13 12 10 10 8 13 14 11 10 10 10
III 9 8 11 12 10 10 9 9 13 8 10 14 11 12
IV 10 9 14 13 8 12 10 10 8 13 9 15 10 9
V 15 12 11 10 10 9 11 10 14 9 10 10 14 16
Rata-rata
Konsentrasi 2,5% I 14 14 12 10 11 10 12 14 15 17 19 19 20 21
II 15 13 14 14 16 16 15 17 19 20 21 21 22 23
III 14 16 16 13 15 17 17 17 18 19 20 19 19 19
IV 12 14 14 16 15 15 14 16 18 17 18 18 20 20
V 16 15 16 16 16 18 15 16 17 19 21 21 21 21
Rata-rata
Konsentrasi 5% I 16 17 17 16 17 15 17 20 19 20 22 23 24 24
II 16 18 17 19 16 18 18 15 17 19 21 20 21 21
III 15 15 15 16 18 16 16 18 20 19 21 20 21 21
IV 13 14 16 13 15 15 16 17 17 19 21 22 22 22
V 15 16 18 15 15 16 18 18 21 22 24 25 25 26
Rata-rata
Konsentrasi 10% I 15 17 20 20 22 25 25 27 29 26 28 28 29 32
II 14 15 18 19 20 23 24 25 25 27 26 28 29 33
III 16 18 18 18 21 22 25 26 28 29 27 29 31 31
IV 15 15 17 20 23 23 23 25 26 25 27 29 29 30
V 14 16 19 21 21 24 25 26 26 25 24 26 27 29
Rata-rata
Kontrol + I 15 17 19 20 18 18 16 19 24 26 30 30 34 36
II 12 15 19 22 26 25 25 26 29 32 35 39 39 43
III 15 18 22 22 25 28 30 35 37 38 38 40 40 41
IV 16 17 19 19 21 23 25 26 29 31 31 34 34 34
V 13 15 17 17 20 21 19 22 21 24 24 26 27 31
Rata-rata



Kontrol -
Hari ke.. I II III IV V Rata rata
1 12 10 9 10 15 11,2
2 13 10 8 9 12 10,4
3 10 9 11 14 11 11
4 11 13 12 13 10 11,8
5 10 12 10 8 10 10
6 10 10 10 12 9 10,2
7 9 10 9 10 11 9,8
8 13 8 9 10 10 10
9 10 13 13 8 14 11,6
10 13 14 8 13 9 11,4
11 10 11 10 9 10 10
12 13 10 14 15 10 12,4
13 12 10 11 10 14 11,4
14 11 10 12 9 16 11,6
Konsentrasi dosis 2.5 %
Hari ke.. I II III IV V Rata rata
1 14 15 14 12 16 14,2
2 14 13 16 14 15 14,4
3 12 14 16 14 16 14,4
4 10 14 13 16 16 13,8
5 11 16 15 15 16 14,6
6 10 16 17 15 18 15,2
7 12 15 17 14 15 14,6
8 14 17 17 16 16 16
9 15 19 18 18 17 16,8
10 17 20 19 17 19 18,4
11 19 21 20 18 21 19,8
12 19 21 19 18 21 19,6
13 20 22 19 20 21 20,4
14 21 23 19 20 21 20,8

Konsentrasi dosis 5 %
Hari ke.. I II III IV V Rata rata
1 16 16 15 13 15 15
2 17 18 15 14 16 16
3 17 17 15 16 18 16,6
4 16 19 16 13 15 16
5 17 16 18 15 15 16,2
6 15 18 16 15 16 16
7 17 18 16 16 18 17
8 20 15 18 17 18 17,6
9 19 17 20 17 21 18,8
10 20 19 19 19 22 19,8
11 22 21 21 21 24 21,8
12 23 20 20 22 25 22
13 24 21 21 22 25 22,6
14 24 21 21 22 26 22,8

Konsentrasi 10 %
Hari ke.. Replikasi Rata rata
I II III IV V
1 15 14 16 15 14 14.8
2 17 15 18 15 16 16,2
3 20 18 18 17 19 19.6
4 20 19 18 20 21 19,6
5 22 20 21 23 21 21,4
6 25 23 22 23 24 23,4
7 25 24 25 23 25 24,4
8 27 25 26 25 26 25,8
9 29 25 28 26 26 21,6
10 26 27 29 25 25 26,4
11 28 26 27 27 24 26,4
12 28 28 29 29 26 28
13 29 29 31 29 27 29
14 32 33 31 30 29 31



Kontrol +

Hari ke.. I II III IV V Rata rata
1 15 12 15 16 13 14,2
2 17 15 18 17 15 16,4
3 19 19 22 19 17 19,2
4 20 22 22 19 17 20
5 18 26 25 21 20 22
6 18 25 28 23 21 23
7 16 25 30 25 19 23
8 19 26 35 26 22 25,6
9 24 29 37 29 21 28
10 26 32 38 31 24 30,2
11 30 35 38 31 24 31,6
12 30 39 40 34 26 33,8
13 34 39 40 34 27 34,8
14 36 43 41 34 31 37

Diagram kenaikan nafsu makan pada tikus


1. Rumuskan hipotesa
H0 : µA = µB = µC = … µG ( tidak ada pengaruh terhadap konsepsi mencit dari berbagai dosis ekstrak buah adas ).
H1 : µA = µB = µC = … µG ( ada satu pengaruh terhadap konsepsi mencit dari berbagai dosis ekstrak buah adas )

2. Tentukan jumlah pengamatan dari sampel.
n1=5, n2= 5, n3= 5, n4=5, n5=5
n total penamatan = 25
3. Level signifikan yang digunakan 0.05 dan 0.01
4. Buat tabel ANAVA, dengan menghitung
Faktor Koreksi
FK =
=
= 140
Dimana : Tij = Total nilai pengamatan
n = Total anggota sampel

1 komentar:

  1. Assalamualaikum...afwan ukh.. ni ada dalam bentuk PDF nya gak ? soalnya saya ingin membuat suspensi penambah napsu makan dari ekstrak temu ireng, penelitian ukhty boleh gak jdi referensi saya. tlong d blz email : astriakurnia9@gmail.com
    trimakasih sblumnya...

    BalasHapus